Sumber Berita dan Inspirasi
Batam, News  

Jadikan Pelantikan IKA UNIMED Jadi Ajang Silaturahmi, Pererat Ikatan Kekeluargaan

IKA UNIMED Wilayah Kepri Ajak Alumni Segera Daftar

CHARTANEWS, BATAM: Ikatan Alumni (IKA) Universitas Negeri Medan (Unimed) Wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) bakal menggelar Pelantikan Pengurus IKA Unimed Kepri dan Seminar Nasional pada Sabtu (4/11) pagi di Golden View Hotel, Bengkong. Pelantikan Pengurus IKA Unimed Provinsi Kepri merupakan ajang silaturahmi sekaligus mempererat ikatan kekeluargaan alumni Unimed yang ada di Provinsi Kepri. Jelang pelantikan pengurus maka seluruh alumni Unimed Provinsi Kepri yang ada di Batam dan seluruh kabupaten/kota di Provinsi Kepri untuk segera mendaftarkan diri. 

   “Universitas Negeri Medan (Unimed) adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Sumatera Utara tepatnya di Kota Medan. Unimed telah banyak menghasilkan Sarjana Pendidikan yang mana menjadi tenaga pendidik (guru) dan Non Kependidikan yang bekerja di dunia usaha dan Industri, dan tersebar di Provinsi Kepri untuk memanfaatkan ilmu yang sudah didapat di kampus,” ujar Ketua PW IKA Unimed Kepri, Marthin Sihombing didampingi Sekretaris PW IKA Unimed Kepri Pardomuan Sitanggang, kemarin. 

    Dia menambahkan alumni Unimed yang tersebar di seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Kepri hingga tahun 2023 diperkirakan mencapai 1.700 orang. Sementara, jumlah alumni Unimed yang berkiprah di dunia pendidikan maupun swasta diperkirakan sekitar 700 orang. IKA UNIMED sudah dibentuk sejak 2011 silam, namun hingga kini masih belum dideklarasikan Kepengurusan untuk dilantik dalam bentuk yang sah kepengurusan seperti wadah organisasi intelektual lainnya memiliki kepengurusan Ketua, Sekretaris, Bendahara dan jajarannya serta Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. 

   “Menurut pengakuan dari senior alumni Unimed yang ada di Kepulauan Riau ini draf AD/ART IKA Unimed Wilayah Kepri sudah disusun sejak tahun 2011. Namun menjelang pengesahan kepengurusan banyak tantangan yang menghambat terlaksananya pengesahan kepengurusan,” urainya. 

   Setelah kurun waktu 10 tahun lebih, maka pada Juni 2023 ini alumni mempunyai tekad bersama untuk segera membentuk wadah ini. Alumni Unimed yang ada khususnya yang mayoritas guru selanjutnya setuju untuk mengesahkan kepengurusan wilayah Kepri. Pada Juni 2013 ini dilaksanakan rapat Pra Musyawarah Besar (Mubes) I dalam rangka memilih Kepengurusan untuk tingkat Wilayah Kepulauan Riau dan Kabupaten/Kota untuk kepengurusan periode 2023-2028. 

   Alumni yang hadir akhirnya sepakat memilih Martin Sihombing, M.Pd, setelah salah satu alumni yakni Pardomuan Sitanggang, S.Pd, M.Pd. memberikan berbagai masukan mengapa memilih Marthin sebagai Ketua. Pada rapat yang dipimpin senior sekaligus Penasehat yaitu Drs.Manampe Purba mengetuk meja menandakan keabsahan kepengurusan IKA Unimed Kepri dipimpin oleh Martin Sihombing, M.Pd. Dengan terpilihnya Martin, selanjutnya membentuk perangkatnya dan langsung saat itu Pardomuan Sitanggang, S.Pd., M.Pd. langsung terpilih sebagai Sekretaris IKA Unimed wilayah Kepri yang mendampingi Martin. 

   “Pasca terpilihnya Ketua IKA Unimed Kepri, maka dalam waktu yang tidak lama dipilih Herry Dingin Sembiring, S.Pd sebagai ketua panitia pelantikan didampingi oleh Diah Wahyuningsih, M.Pd. sebagai sekretaris panitia. Semangat kecintaan terhadap almamater maka diskusi dan beberapa rapat dilakukan sehingga tercapai sebuah kesepakatan dan keputusan bahwa pelantikan dilakukan pada hari Sabtu tangga; 4 November 2023 di Hotel Golden View, Bengkong,” ungkap Martin. 

   Menurut Martin, pencapaian panitia terkait persiapan pelantikan pengurus ini tidak terlepas dari bantuan para sahabat, tokoh masyarakat dan pejabat yang diajak panitia guna berdiskusi dan meminta arahan. Seluruh stakeholder yang diajak berdiskusi pada prinsipnya mendukung pelantikan IKA Unimed wilayah Kepri ini yang terlihat dari sambutan yang hangat saat panitia beraudiensi dan diskusi. 

   Dengan terbentuknya kepengurusan periode 2023-2028 ini, berbagai kegiatan nantinya dapat direncanakan dan ditindaklanjuti pada tahap implementasi. Sehingga, seluruh pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dapat merasakan manfaatnya dalam turut serta berkontribusi membangun negeri khususnya Kepri. IKA Unimed Wilayah Kepri diharapkan bukan sekedar organisasi yang apatis tapi secara aktif dapat memberikan pembelajaran kepada anggotanya, melakasanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian kepada Masyarakat kepada seluruh warga Kepulauan Riau dalam berbagai hal. 

Ikatan Alumni UNIMED ( IKA UNIMED ) Wilayah Kepri juga berusaha melakukan berbagai kegiatan yang aktif kepada berbagai elemen sebagai wujud dari visi dan misi ke depan.

   “Maju mundurnya suatu organisasi terletak pada kualitas dan kuantitas pengurus yang ada di dalamnya. Namun, itu saja tidak cukup. Diperlukan loyalitas dan konsistensi dalam mempertahankan atau mengembangkan organisasi. Maka dari itu diperlukan pengurus-pengurus yang aktif dalam mengembangkan IKA Unimed Wilayah KEPRI ke depannya. Untuk mewujudkan maksud tersebut, IKA Unimed Wilayah Kepri bermaksud melaksanakan kegiatan Pelantikan Dewan pengurus Wilayah (DPW) Wilayah Kepri. 

   Setelah acara pelantikan pengurus IKA Unimed Kepri juga dilakukan acara seminar nasional bertema “Perubahan Paradigma Pendidikan Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Menuju Indonesia Emas 2045” dengan narasumber Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof. Dr. Baharuddin, S.T, M.Pd, Ketua Senat Universitas Negeri Medan dan Ketua Pelaksana Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Guru Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, Direktur Program Pascasarjana Unimed Prof. Dr. Bornok Sinaga, M.Pd, dan Ketua Senat Universitas Batam dan Tokoh Masyarakat Kepri Dr. H.M. Soerya Respationo, S.H., M.H.  

   Untuk seminar nasional terbuka untuk umum yang dapat diakses melalui link https://bit.ly/ikmIndonesiaEmas2045. Acara seminar ini dikemas dengan baik dan update dalam perkembangan jaman menuju emas. Dengan pembicara yang sudah sangat dikenal di Indonesia di antaranya Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. menjabat tugas Ketua Pelaksana Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Guru yang dikenal masyarakat umum ujian sertifikasi guru yang sebelumnya menjabat di Kemendikristek sebagai Kepala Badan SDMPK dan PMP, beliau juga turut andil sebagai penyusun dan pelatih Kurikulum 2013 yang sedang diterapkan di Indonesia. 

   “Untuk kakak-kakak senior dan junior alumni Unimed di Kepulauan Riau yang ingin bergabung dengan IKA Unimed Kepri sekaligus menghadiri pelantikan dan mengikuti seminar bisa menghubungi Sekretaris IKA Unimed Wilayah Kepri di nomor HP/WA 08117764777,” pungkasnya. (hda)